Artikel

Usaha Sepi Pelanggan Biar Rame Kembali

Setiap bisnis pasti pernah menghadapi masa sulit. Layaknya roda kehidupan, bisnis juga akan menghadapi banyak kendala yang bisa membuatnya berada pada titik terendah. Akan tetapi, hal ini tentu tidak boleh menghalangi kita dalam menjalankan bisnis. Kita harus dapat menemukan cara Usaha Sepi Pelanggan Biar Rame Kembali.

 

Faktor-faktor Penyebab Bisnis Menurun

Beberapa hal yang sering menyebabkan lesunya suatu bisnis ialah:

  1. Harga
  2. Kualitas
  3. Pelayanan
  4. Jaringan yang dibangun
  5. Strategi yang diterapkan

Agar bisnis yang menurun jadi rame , ketekunan seorang wirausaha untuk terus menerus memeriksa dengan serius kelima faktor tersebut sangatlah penting. Mengulang kembali bahwa setiap usaha pasti menghadapi kesulitan. Untuk itu, menjaga motivasi dan optimisme dalam berbisnis adalah kunci bagi setiap wirausaha.

 

Tips Usaha Sepi Pelanggan Biar Rame Kembali

Jika sekarang usaha sepi, berikut ini tips agar Usaha Sepi Pelanggan Biar Rame Kembali:

 

1. Evaluasi harga dan kualitas barang atau jasa yang kita jual

Dalam bisnis, apalagi yang persaingannya tinggi, rutin memeriksa harga dan kualitas produk barang atau jasa yang kita tawarkan sangatlah penting. Caranya;

  1. Mengedarkan survei kepuasan pelanggan kepada langganan dan mintakan kepada mereka masukan atas produk barang atau jasa kita yang selama ini mereka beli.
  2. Melakukan survei harga dan kualitas produk barang atau jasa kompetitor. Jika ternyata roduk barang atau jasa yang kita jual kalah bersaing dalam segi harga atau kualitas atau keduanya, tentu kita harus mengevaluasi penetapan harga ataupun melakukan perbaikan kualitas produk barang atau jasa yang kita tawarkan.

 

Artikel Populer: 

Usaha Sepi Pelanggan Biar Rame Kembali

 

2. Tingkatkan mutu pelayanan

Kita semua tahu bahwa pembeli sangat menyukai layanan terbaik yang dapat diberikan oleh penjual. Bahkan banyak konsumen yang memilih untuk mengeluarkan uang lebih demi sebuah pelayanan yang terbaik. Itu juga yang kita mau bukan saat membeli sesuatu?

Maka selain memperhatikan secara terus-menerus harga dan kualitas produk atau jasa yang kita jual, selaku pemilik usaha kita wajib untuk bisa mempertahankan bahkan meningkatkan mutu pelayanan usaha kita. Dengan demikian, akan semakin lengkaplah harapan konsumen pada kita.

 

3. Lakukan inovasi

Inovasi bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan konsumen terhadap produk atau jasa yang kita jual. Cobalah untuk memeriksa apakah ada langganan kita yang berpindah ke pesaing. Jika ada, ini saat yang tepat bagi kita untuk melakukan inovasi; baik berupa inovasi produk, kemasan, sistem pembayaran, pengiriman, dan lain-lain.

 

4. Bangun jaringan

Dalam dunia bisnis yang sarat dengan kompetisi, membangun jaringan terdengar kontradiktif. Namun sebaliknya justru itulah yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang berhasil menang dalam kompetisi. Mereka membangun kerja sama dengan vendor, dengan pemasar, dengan media, dengan aparat setempat, bahkan dengan pesaing. Sebagaimana diungkapkan Mahatma Gandhi; “Yang ada di planet ini cukup untuk kebutuhan kita semua, namun tidak akan cukup untuk keserakahan kita.”  Karena itu mulailah juga membangun kerja sama dengan pihak-pihak yang berinteraksi dengan usaha kita; pemasok, pembeli, pemerintah setempat, bahkan pesaing. Dan temukan bagaimana kolaborasi dapat bermanfaat bagi setiap pihak yang ada di dalamnya.

 

5. Perluas peluang pasar dengan “Go Online!

Bill Gates, pendiri sekaligus pemilik perusahaan raksasa software komputer Microsoft yang adalah juga salah satu pengusaha yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, pernah memberikan pernyataan berikut ini kurang lebih 15 tahun yang lalu;

 

Usaha Sepi Pelanggan Biar Rame Kembali

 

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya; “Jika usaha Anda tidak ditemukan di internet, maka usaha Anda akan tidak ada.”

Sulit dipercaya bahwa pernyataan Bill Gates tersebut mulai jadi kenyataan beberapa tahun ini. Di Indonesia saja kita telah banyak mendengar, melihat, dan membaca berita tentang beberapa perusahaan nasional yang tutup karena internet. Demikian pula halnya yang terjadi di negara lain. Perusahaan raksasa kelas dunia bangkrut karena internet juga sudah banyak terjadi.

Tentu saja peristiwa-peristiwa tersebut hendaknya tidak menjadikan kita ketakutan. Justru sebaliknya harus menjadi pemicu semangat kita sebagai entrepreneur untuk “naik kelas;” meningkatkan kemampuan diri untuk mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang sangat cepat.

 

Lalu bagaimana caranya? Bagaimana jika belum mengerti internet?

Mungkin artikel: Usaha Lagi Menurun? Let’s Go Digital And Boost Your Sales! ini dapat membantu kita semua.

Salam sukses dan semangat terus untuk kita semua, semoga artikel ini bermanfaat dalam menjalankan roda usaha kita. Saran dan kritik bisa Anda sampaikan melalui form di bagian bawah artikel ini. Terima kasih!

___

 

Usaha Sepi Pelanggan Biar Rame Kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *