2020, Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Diharapkan Dimulai Bertahap

2020, Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Dimulai

Seperti dilansir TEMPO.CO, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengharapkan implementasi subsidi tertutup gas elpiji 3 kilogram dapat dimulai pada 2020. Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, implementasi subsidi tertutup untuk elpiji 3 kg itu mengikuti skema konversi minyak tanah ke gas elpiji yang lalu.

“Insyaallah [tahun depan]. Bertahap, dari kota dulu. Waktu itu [konversi minyak tanah ke elpiji] bertahap juga kan, pake metode itu aja,” tutur Djoko seperti dilansir Bisnis.com, Ahad 23 Juni 2019.

Menurutnya, implementasi penyaluran subsidi langsung lebih tepat sasaran, sementara penjualan gas elpiji 3 kg menggunakan harga pasar. Dengan rilis penurunan kemiskinan, lanjut Djoko, seharusnya subisi elpiji juga turun.

Selain menggunakan skema subsidi tertutup, masyarakat juga diberikan pilihan untuk menggunakan jargas ataupun kompor listrik. Dengan begitu, dia berharap subsidi elpiji dapat terus menurun. “Kami bahasanya adalah mengurangi angkanya, kalau volumenya tergantung masyarakat,” jelasnya.

Tahun depan, Kementerian ESDM mengusulkan pembangunan jargas sebanyak 293.533 sambungan rumah tangga. Djoko menjelaskan dengan perkiraan rumah tangga miskin yang menggunakan dua tabung elpiji 3 kg, maka lebih terjangkau dengan menggunakan jargas.

Dari 293.533 SR, setidaknya dapat menghemat penggunakan gas elpiji sebanyak 21 juta kilogram, atau 3 juta tabung elpiji 3 kg. “Sekarang lagi dibahas [dengan DPR]. Makanya kan uji coba dulu,” Djoko menerangkan.

Menurut Djoko, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah memaparkan bahwa dari tahun ke tahun kan tingkat kemiskinan menurun. Orang miskin kan ada datanya. “Kalau masyarakat miskin turun, logikanya subsidinya harusnya turun kan. Udah gak pakai elpiji [subsidi] harusnya,” kata Djoko lagi.

Terpisah, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina juga sudah dilibatkan dalam uji coba penerapan subsidi tertutup elpiji 3 kg. “Pertamina bertugas untuk memastikan pangkalan elpiji 3 kg yang ditunjuk oleh TNP2K bisa memahami dan dapat melayani pembelian elpiji 3 kg sesuai dengan mekanisme yang akan diberlakukan,” katanya, saat dihubungi Bisnis.

Info Bisnis Lainnya

Bagikan info ini

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
membuat website sendiri

Membuat Website Sendiri: Panduan Sederhana Untuk Pemula

Apakah Anda sedang mencari tahu cara membuat website sendiri? Atau ingin belajar cara yang cepat dan praktis untuk membuat website pertama Anda? Masih bingung harus mulai dari mana? Artikel ini akan membantu Anda mengetahui cara membuat website Anda sendiri secara praktis dan mudah. Artikel ini juga akan menjelaskan bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membangun sebuah website, definisi, istilah-istilah yang perlu

Read More »
memahami website dan internet bagi pemula

Apa Itu Website Dan Internet? Panduan Untuk Pemula

Di era digital saat ini, website dan internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Internet telah menghubungkan milyaran perangkat elektronil yang memungkinkan kita untuk mengakses informasi, berkomunikasi, dan melakukan banyak hal lainnya. Artikel ini akan memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami tentang website dan internet, khususnya bagi Anda yang sedang atau berencana untuk berwirausaha, serta bagi Anda

Read More »
peluang kerja sampingan tanpa modal

7 Peluang Kerja Dan Usaha Sampingan Yang Bisa Dijalankan Tanpa Modal

Apa ada pekerjaan ataupun usaha sampingan yang bisa kita jalankan tanpa modal? Artikel ini menunjukkan 7 pekerjaan dan usaha sampingan yang bisa kita jalankan tanpa modal. Penulis Lepas Jasa penulis lepas banyak dibutuhkan oleh media; baik– online maupun offline– perusahaan, korporasi, dan lain-lain. Penulis lepas biasanya dibayar berdasarkan artikel yang dibuat. Ada pula yang dibayar secara paket.  Jika Anda mempunyai

Read More »
supplier dropship

Supplier Dropship Di Salakan

Jika Anda untuk membaca tulisan Supplier Dropship Di Salakan ini, mungkin Anda lagi memikirkan untuk memulai berbisnis dropship. Dropshipping atau dropship memang tengah menjadi bisnis favorit orang banyak. Hal ini karena, bisnis dropship menjadi jalan keluar masalah ekonomi keluarga yang sedang sulit di masa pandemi. Tulisan tentang Supplier Dropship Di Salakan ini menolong kita mendapatkan supplier dropship yang paling tepat.

Read More »
Facebook
Twitter
LinkedIn
Kirim pesan
1
Ada yg dpt kami bantu?
Hai! 🙂
Silakan Kirim Pesan agar kami dpt membantu Anda mengenai 2020, Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Diharapkan Dimulai Bertahap 🙏